Menuju Mimpi di 2014

"Perjuangan yang keras, tidak akan mengkhianati hasil"

ini adalah suatu quotes temen gua yaitu Rosita Novianti yang dulu diberikan khusus ke gua (gr)
entah kenapa kata-kata itu adalah suatu kalimat yang sangat meyakinkan hati gua bahwa semua dilakukan secara setengah-setengah itu tidak akan membuahi hasil, bila pun itu ada pasti hasilnya bukan yang optimal


Tahun ajaran baru 2013/2014 gua mulai dengan suatu kewajiban sekolah yaitu Praktik Kerja Lapang, saat itu gua PKL di Lemigas Jakarta, namun yang gua bahas bukan tentang PKLnya namun mau jadi apa gua setelah PKL? nganggur? pengangguran? atau tanpa pekerjaan? semuanya sama kan? nah itu dia pertanyaan yang akan merubah gua, intinya gua memilih untuk tidak menjawab pertanyaan itu semua karena GUA BUKAN PENGANGGURAN

Saat setelah selesai PKL gua memutuskan untuk KULIAH DI PTN TAHUN 2014, NOT PTS NOT to WORK. gua mengkebut semua laporan PKL gua dan akhirnya setelah berjuang bolak balik jakarta untuk revisi atau bahkan sekedar tanda tangan laporan, laporan gua yang kurang lebih 1 bulan pun beres, gua termasuk orang yang paling awal menyelesaikannya bersama beberapa teman gua.

*INI MOMENT YANG MEMUTUSKAN HIDUP GUA
saat di mushola sekolah, gua bertemu sohib gua haikal dan di menawarkan sebuah kerjaan di tempat PKL dia dengan nada sedikit serius (dikit) "Min mau kerja ga? di tempat gua ada tawaran untuk cwo?" "boleh kal, gua males nganggur" "oh serius? ntr gua bilangin" heennniiing "eh Kal gua mau kuliah gua kayanya gajadi" "eh gua juga mau kuliah sih tapi masing bingung euy" "lu mau les ga? gua mau les, kayanya gua mau survey tempat les dulu" "oh yaudah gua juga mau tanya ibu gua dulu" "oke nanti kabarin aja"
*beberapa hari kemudian
SMS di hp gua dari haikal "Min gua Fix kuliah, mau Les Dimna?"

Nah timbul pertanyaan lagi gua mau les dimana, kenapa harus les, yaaaaa harus lah menurut gua karena basic gua adalah SMK bukan SMA, Materi sekolah gua Beda bangettttt. gua cuma belajar fisika dasar, matematika dasar, dan tidak belajar biologi kecuali kelas 1, kimia gua kimia analytical yang aplikatif bukan kimia SMA yang bersifat teori bangett.

dan setelah gua survey terus menerus akhirnya gua menemukan tempat tersembunyi yang gua bilang ini tempat subhanaallah banget buat gua yaitu "Nurul Fikri PPIB Padjajaran Bogor" ini tempat yang gua anggep sekolah kedua gua yaaa.

singkat cerita, akhirnya gua dan haikal memutuskan les disana dengan masuk kelas RONIN (alumni) padahal gua bukan alumni walaupun umur memang seumuran karena gua kelas 4. Kenapa Ronin?
mungkin karena waktu nya jam 9, mikir kali kalo les sore bakal gimna? yang ada cape. dan saat itu gua sekolah karena kelas 4 jadi masuk siang. ya harus masuk situ memang.

dan setelah masuk.....

Gua tau Ronin adalah yang mayoritas isinya adalah orang-orang yang mengulang untuk belajar kembali ditahun selanjutnya untuk berjuang kembali menuju PTN. naaaah ini dia paham gua yang salah, gua kira mereka orang-orang yang kurang dan gimana gitu, dan setelah gua masuuuuuuuuuuukkkkkkkkkkk salah ini adalah orang-orang yang berharap terbaik di tahun selanjutnya. pernah gak melihat orang menolak UI? Itu Ainun dan ada depe kabarnya yang menolak UNILA karena tidak dapat restu ortu. pokonya mereka itu (ronin) pinteeeeeer banget dan mereka adalah orang-orang yang sulit dilupakan. nih lu pernah ga ngeliat orang keluar dari PTN trus mau coba lagi tahun kemaren? gua sebutin temen gua ya, Agung keluar dari Geofisika Unpad, Rakha Keluar dari Metalurgi ITS, Awab keluar dari Tek.sistem perkapalan, Ayu keluar dari SBM ITS, kenapa mereka keluar? gua sih gatau alesan pastinya tapi gua yakin kerena keluar karena mereka ingin yang lebih baik dari pencapaian dan harapan mereaka saat itu...

bersyukur tanpa henti deh temenan dan punyak keluarga Ronin di NF, Setahun menjamur, nongkrong, belajar sampe malem, nginep, main, doa, segala macem di upayain deh demi DEMI PTN 2014.
dan ini sedikit foto NF PPIB 2014 











Dan ingat saat itu tanggal 17 Juli yaitu adalah waktu SBMPTN dan itu adalah waktu untuk kita berjuang, mempertaruhkan kerja keras kita selama ini. 
gua dari awal yang bertekad memang ingin PTN Pokonya harus dapat, dan ortu gua juga mengijinkan untuk ikut UM PTN juga dengan biaya yang tidak murah

singkat cerita, pada tahun 2014 SIMAK UI dan UM UGM dilakukan serentak, dan itu membuat semua orang berpikir harus ikut yang mana. namun gua tau kemampuan gua sampai mana dan gua juga tau hidup gua gimana. akhirnya gua memutuskan ikut UM UGM Karena soal-soal UTUL ( UM UGM) adalah soal yang tidak begitu jauh dari SBMPTN walaupun kenyataannya soalnya lebih susah namun tidak lebih susah dari SIMAK UI. itu faktor utama gua ikut UTUL.

sebenarnya gua juga ikut banyak banget UM yaitu AKA Bogor, IPB, dan UNDIP. entah kenapa ada rasa bete karena IPB jadwalnya dimajukan dan dilakukan sebelum pengumuman hehe tapi gapapalah

saat itu UM UGM tgl 22 Juli, sebenernya yang bikin males ikut utul itu dia harus regist ulang gitu di labschool jakarta dan jadwalnya terakhir tgl 18 juli padahal 17 Julinya SBMPTN. dan UTUL itu diadakan di beberapa kota, salah satunya jakarta. saat gua tes pun gua dapetnya di PB Sudirman daerah cijantung. karena gua ga survey terpaksa gua harus ke cijantung naik motor dari bogor dari jam 5 pagi yang letaknya di daerah jakarta timur. kira2 1 jam.an lah.

PERJUANGAN BANGET!

entah kenapa saat ngerjain soal gua enjoy bangeeet sama itu soal walaupun susah, beda saat ngerjain SBMPTN gua panik dan berfikir gua gabakal masuk UI. pengalaman adalah segalanya. itu adalah motivasi gua juga. 

ANUGERAH DARI ALLAH SWT

"Saat mengerjakan gua udah gatau harus ngisi apalagi, dan saat itu gua memejamkan mata, megang dada, doa. dan entah kenapa saat itu juga gua menemukan cara-cara untuk ngerjain soal yang tadinya gua ga bisa, ini benar-benar SUBHANALLAH banget"

Setelah gua dari tes-tes itu entah kenapa, ada mimpi gua yang membuat gua senang yaitu gua diterima di UGM. padahal UGM sebelumnya ga masuk dalam list PTN tujuan gua sebelumnya. entah kenapa gua gada hasrat untuk PTN yang lain. 

Selah tgl 16 SBMPTN Diumumkan.

GUA GAGAL DI SBMPTN

17 Juli Pengumuman UTM IPB

GUA GAGAL DI UTM IPB

tanggal 18 Juli adalah tanggal yang saat frustasi menurut gua, saat itu hari jumat. entah udah mau masuk mana lagi. gua juga sebenarnya tgl 19 Juli mau tes UM Undip dijakarta. Dan kira2 jam set.10 gua ngobrol di pinggir jendela dengan galau bareng kakak gua yang sedang menempuh semester 5 di IPB. "gua kayanya mau ngulang tahun depan" "jangan mending kerja aja, jadi analis" "gua udah pengen banget PTN. gua pengen masuk Zenius-X kayanya" "buang waktu tau, mending kuliah ekstensi aja" "gua kayanya kalaupun gitu, pengennya ambil bisnis aja"  " yaudah ambil di mercu buana aja bisnis managenment" "oh yaudah deh, besok jadi ya ke UM undip"

saat solat jumat pun hati ga tenang, tapi gua balas dengan doa ke allah.


INI JUMAT BERKAHHH...

saat jam 15.00 WIB, UTUL UGM diumumkan. server penuh, saat gua ketik no.peserta gua dan tgl lahir tiba-tiba gua lihat sepotongan kata " SELAMAT KAMU DITERIMA DI UGM DENGAN PROGRAM S1 KIMIA...." dan dengan reflek gua klik close, tapi gua teriak dan gua yakin gua lolos!



dan akhirnya gua coba buka lagi, tapi server penuh. lalu gua coba solat ashar dulu. dan setelah itu BENNEEEERRRRRRR! gua LULUS MEN, KIMIA UGM!
dan gua waktun itu tes nya juga barena kakak kedua dan dia pun diterima juga di KIMIA juga haha. gua langsung telpon haikal, ternyata dia belum buka dan 15 menit kemudian gua telpon lagi dan dia pun keterima !

INI REKOR BANGET BUAT SEKOLAH GUA, SEKOLAH SMK YANG MAYORITAS SISWANYA BEKERJA. NAMUN INI ADA YANG TEMBUS UGM. BUKAN 1 TAPI 3

Gua berjuang udah 1 tahun, gua lelah di akhir namun tersenyum diakhir juga. ada guru di NF yang sangat inspiratif yaitu mas Fakhrudin, dia adalah mahasiswa S2 IPB (fast track) yang umurnya baru 23 tahun dengan jurusan agribisnis. subhanaallah banget di bilang

"Bukan seberapa kita bermimpi, tapi pantaskah kita dengan mimpi itu"
"Banyak jalan untuk menuju suatu mimpi, tapi jalan itu yang kita tidak tahu. berjuang terus hingga mimpi itu kita dapatkan"

DAN INI ADALAH JAWABAN DARI SEMUA USAHA GUA DAN INI ADALAH JAWABAN DARI SEMUA DOA GUA

Untuk adik-adik yang ingin melanjutkan ke PTN tahun depan, jangan menyerah. persiapkan semuanya dari awal, ingat kata2 diatas tadi "SEBUAH PERJUANGAN YANG KERAS, TIDAK AKAN MENGKHIANATI HASIL.

sebenernya namanya soal-soal seperti SBMPTN, UTUL, SIMAK, UTM dll memang mematikan banget, tapi buat lu yang mau berjuang tahun depan ya lu harus punya strategi yang jitu di dalam otak lu, gausah di umbar karena itu adalah strategi lu. saran gua perdalam hal-hal yang lu suka dan yang lu mau perdalam. yang ga begitu perlu ya gausah karena sistem +4, 0, -1 itu memang mematikan banget buat lu yang suka tangtingtung haha. jujur aja dulu gua punya target tersendiri untuk jawabnya, minimal TPA gua harus 160, Matdas min.20 b.indo min 30 b.ing cukup 15, mat.ipa cukup 12, fisika cukup 12, kimia 60, biologi min.20 ya mungkin itu ketinggian tapi buat lu yang ngabil teknik apalagi ITB dan kedokteran menurut gua itu pasti kurang juga karena persaingan itu keras.
jujur nih pas di UTUL UGM memang waktu yang relatif lama, sebenernya yang bikin jenuh adalah kita di buka dengan soal SAINTEK dengan waktu 2 setengah jam. pas setelah 1 jam setengah gua lirik kanan kiri rata2 meraka pada tidur, gua aneh memang tapi ini nyata. gatau itu soal susah apa meraka aja yang males. soal utul itu jumlahnya kurang lebih sama dengan simak cuma simak gada TPAnya, utul ada.
pas UTUL sih gua jawab matdas 7 b.indo 18 b.ing 17 (ini jumlah soalnya bukan poinnya karena utul gada kuncinya jadi susah nyocokinnya) mat.ipa 7 fisika 5 kimia 15 biologi 13 
mungkin dari nilai kimia nya yang memang tinggi karena insyaallah gua yakin seenggaknya 10 haha

NIH DULU GUA PUNYA JADWAL BELAJAR, TAPI KARENA MATERINYA TERLALU BANYAK DAN GAK NGERTI JADI LU SEBENERNYA CUKUP BELAJAR SAMPE LU JENUH AJA TERUS LU BELAJAR APA YANG LU SUKA. ITU MANFAAT BANGEEET
jadi karena gua mau masuk kimia, jadi gua pertama2 gua belajar kaya fisika atau biologi sampe jenuh kira2 2 jam nah terus ketika lu jenuh lu belajar aja tuh kimia sampe lu ngerti. kalo lu suka lu ga bakal jenuh ko insyaallah soalnya pasti keliatan seru banget dari pada lu nonton YKS (jaman gua dulu lagi booming haha) 
cukup taruh target di pundak lu lalu kerja keras, itu pasti cukup. gua bukan orang PINTER tapi gua orang BERUNTUNG. di dalam tes PTN faktor "Lucky" hanya ada 10% sisanya adalah kerja keras lu kok, karena semua soal akan mematikan kalo lu main-main jawabnya :D

SALAM SUKSES, TUNGGU SAYA 10 TAHUN LAGI UNTUK SUKSES..

Penulis : Rifqi Al-Ghifari ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Menuju Mimpi di 2014 ini dipublish oleh Rifqi Al-Ghifari pada hari Wednesday, July 23, 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 7 komentar: di postingan Menuju Mimpi di 2014
 

7 comments:

  1. assalammualaikum,
    slamat ya de.
    jujur saya ikut seneng loh seneng banget dari YKPI ada yang tembus UGM. bener kata kamu itu rekor buat YKPI. alhamdulillah tahun ini luar biasa :)

    entah kamu ingat saya atau enggak saya kaka kelas kamu angkatan 9, waktu angkatan 10 menjelang lulus saya sembet kasih bimbingan bagian perkuliahan dan ka andy bagian pekerjaan.
    tapi pas tahun ini saya agak kepikiran karena saya ga bisa ke YKPI buat memotivasi ttg dunia perkuliahan. dalam hati saya ttp doa smoga thn ini ttp ada yang kuliah.
    eh alhamdulillah saya dpt kabar ada yg lolos UGM. subhanallah ternyata kamu dan haikal. satu lagi siapa???
    (jadi curhat)

    intinya saya mau bilang selamat ya. Smangat berjuang di dunia perkuliahan.
    mungkin nanti pasti ada aja masa2 drop/ males tapi silahkan inget masa perjuangan di YKPI bolak-balik revisi, perjuangan di ronin saya tau banget pasti buat anak YKPI itu perjuangan banget2 bisa makan materi2 ronin saya pun pernah merasakan. dan masih banyak lagi pasti perjuangan yang kalian lakuin.

    slamat skali lagi ya adik2 ku. smoga di tahun berikutnya selalu ada kejutan2 PTN baru yang mampu di tembus adik2 YKPI.

    maap ya komen'a panjang banget, salam buat 2 teman'a ya.

    jangan terlena, perjuangan masih berlanjut. ttp SMANGAT :)

    wassalammualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  2. Sampai ketemu untuk bersama membangun perusahaan kimia.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  3. asik deh ada nama gw disebut, jadi terharu hikz hikz

    ReplyDelete
  4. kak. mau ngobrol2 donggg wkwk

    ReplyDelete
  5. Terimakasih teman, memotivasi sekali

    ReplyDelete