Ini Cerita Batikku :O

UNGKAPAN HATI :
 'Miris rasanya mendengar kata batik yang tak berharga lagi, Terkoyak hati ini bisa nama batikku ini terancam punah dan dibuang, Gatal tangan ini rasanya untuk mengubah semuanya agar batikku ini dapat membanggakan kita semua ! tapi apa yang harus aku lakukan ?'

tak tau apa yang ada didalam benak orang-orang bodoh yang selalu menginjak harga diri nama INDONESIA, tak tau apa yang ada dipikiran mereka saat mereka menjatuhkan nama baik kebanggaan kita yaitu BATIK. Tak tau kah mereka betapa bangganya orang terdahulu memiliki seonggok batik itu ?!
apa mereka hanya berfikir bahwa batik adalah hal yang kuno? apakah mereka buta akan sastra, kreasi, seni, sejarah, dan jiwa simpati mereka?
saya pun tak bisa menjawab itu karena saya tidak mau bertele-tele membahas mereka yang setiap harinya semakin banyak dan semakin menjadi-jadi menghinanya.
tokoh utama dibalik semua ini bukan rakyat INDONESIA namun OKNUM RAKYAT INDONESIA yang kerjaannya hanya bisa membahas hal yang buruk tentang INDONESIA, apa yang kita rasakan semua ini ? MIRIS !!
yah terlalu panjang membahas tentang ini, namun semoga mereka diberikan pencerahan oleh ALLAH SWT yang maha memberi maaf . AMMMMIIINNN !! :D

ya back to the BATIK INDONESIA !!
saatnya ayo pemuda kita bangkitkan batik kita ya , batik indonesia kita ini yang perlu kita bangkitkan!
banyak hal yang selalu membuat orang beranggapan bahwa batik itu tidak dianggap penting , antara lainnya :
1.Batik ciri khas orang kuno
Batik itu bukan kuno namun ABADI, karena dari jaman soekarno belum lahir juga sudah dikenal sebagai pakaian asli rakyat INDONESIA yang kaya akan seni dan ceritanya. Oleh karen itu batik masih dipakai oleh orang-orang diindonesia
2.Batik pakaian orang tua
apakah karena batik sering dipakai oleh orang tua anda jadi malu? seharusnya anda bangga dengan orang tua anda, karena orang tua anda mencontohkan anda agar anda tetap melestarikan batik kita itu dan memang orang tua dulu adalah orang tua yang teladan dan ditanamkan jiwa kebangsaannya dengan dalam.
3.Batik ciri khas ke ONDANGAN
istilah ONDANGAN adalah ciri khas dimana batik itu terdapat, iya kan ?
gak usah munafik kalo memang mengakui itu , kenapa batik bisa seperti itu?
karena batik adalah pakaian yang sekarang diaggap formal dan resmi , BISA KAH ANDA SEHEBAT ITU ? batik dengan keasliannya bisa dianggap orang seluruh indonesia adalah baju yang formal sehingga dianggap cocok untuk ke ONDANGAN yang dianggap sangat sakral dan resmi tersebut.
4.Batik disekolah hanya FORMALITAS
orang yang berkata bahwa BATIK INDONESIA itu adalah hal yang buruk itu adalah omongan yang sangat tidak tidak dan tidak BERKUALITAS karena batik adalah bukan hanya FORMALITAS namun bentuk kecintaan kita terhadapa karya seni terhadap sejarahnya, sama dengan yang sedang dialami oleh siswa/siswi yang memakai batik dari sekolahnya masing-masing dan mereka hanya menggap itu formalitas yang diberikan oleh gurunya masing-masing, padahal batik adalah suatu cara yang diberikan sekolah agar mereka dapat mencintai INDONESIA.

SAMPAI KAPAN SEMUA INI TERJADI ?
sampai ajal menjemput ? LEBAY hahah
sampai daun kelor berhenti bergoyang ? 4L4Y wooo
sampai gue harus katakan wow gitu ?
atau sampai gua berhenti ngeblog ? yyaaaaa (gue:sialan, apasih?)
AH SEMUA JAWABAN KAYANYA GAK ADA YANG BAGUS (karena memang gak ada yang bener)
semua ini akan berakhir bila ada sebuah kesadaran dalam jiwa dan hati kita masing-masing bahwa batik itu adalah aset kehidupan INDONESIA yang sangat dipertahankan oleh rakyat-rakyat terdahulu. LALU APAKAH RAYKAT SEKARANG AKAN MELEPAS BATIK ?
KATAKAN TIDAK !!! (nada lantang kaya penolakan narkoba) haha
bukan saatnya menunggu sekarang namun saatnya kita menanamkan batik dalam hati kita agar anak dan cucu kita tidak seperti kita yang selalu menginjakkan nama batik dibawah bukan diatas, dan apa langkah yang harus dilakukan ?
gampang gak usah muluk-muluk hanya dengan cara TIDAK USAH MENGHINA BATIK, MULAILAH MEMPROMOSIKAN BATIK, JANGAN MALU MENGGUNAKAN BATIK DAN JANGANLAH MENTELANTARKAN BATIK INDONESIA, SAYS NO SAYS NO !! NO AND NO !!
SAATNYA KITA BANGKIT, JANGAN SAMPE BATIK KITA INI DIMILIKI OLEH ORANG LAIN SEHINGGA ITU BISA MENIMBULKAN KONFLIK UNTUK KITA SENDIRI !
RIFQI AL-GHIFARI


RIFQI AL-GHIFARI




 INI ADALAH SEDIKIT GAYA GUE SAAT MEMAKAI BATIK :D

dan mau tau batik yang bisa dibilang terkenal sekarang (untuk ukuran baju seragam)
dan JAWABANNYA ADALAH TENG TENG TENG NONG NENG !!!

YAAAAAAPP !! MEGA MENDUNG !!
mau tau asal singkat muasal mega mendung ? ini dia ! hahhaa
Motif batik megamendung konon katanya merupakan sebuah hasil asimilasi budaya antara penduduk asli Cirebon dengan pemahaman filsafat yang dibawa masyarakat China. Mereka dulu masuk ke Cirebon melalui pelabuhan di Cirebon yang konon dulu salah satu pelabuhan perdaganan yang cukup ramai.
Seperti namanya motif batik mega mendung berbentuk  menyerupai awan dengan corak warna yang menggambarkan nuasa mendung. Motif yang dituangkan ke atas kain pada dasaranya berupa garing-garis lengkung yang membentuk gambar awan yang menggumpal. Umumnya batik mega mendung didominasi dengan warna biru, putih, dan abu-abu yang menlambangkan warna langit ketika sedang mendung.
dan ini dia motif yang gua pake ala mega mendung ! checkidot :D
mega mendung of ykpi's uniform !

mungkin saya bukan siapa yang dapat berkata seperti itu , namun saya hanya berkata ini karena isi hati yang cukup miris , dan maaf bila terjadi unsur sara ! :D semangat semangat LESTARIKAN BATIK !!

 Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway Catatan Akhir Pekan dengan Tema Aku Cinta Batik Indonesia.

Penulis : Rifqi Al-Ghifari ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Ini Cerita Batikku :O ini dipublish oleh Rifqi Al-Ghifari pada hari Wednesday, August 29, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 2 komentar: di postingan Ini Cerita Batikku :O
 

2 comments:

  1. Daftarnya disini gan...
    http://www.mf-abdullah.com/2012/07/giveaway-catatan-akhir-pekan-aku-cinta.htm

    ReplyDelete
  2. Dftrnya di penyelenggara kontes y. Bkn di blog qt, thx

    ReplyDelete